Kemampuan yang Perlu Dimiliki untuk Penerapan Strategic Leadership

Kemampuan yang Perlu Dimiliki untuk Penerapan Strategic Leadership

Menjadi pemimpin bukan merupakan tugas yang mudah, terutama bagi yang tidak mempunyai jiwa kepemimpinan. Anda bisa mulai menumbuhkan jiwa kepemimpinan dengan mempelajari mengenai karakter yang perlu dipunyai oleh pemimpin. Salah satu pemimpin yang bisa dipelajari adalah strategic leadership yaitu menjadi pemimpin yang efektif. Kemampuan yang perlu dimiliki untuk bisa menjadi pemimpin yang efektif adalah sebagai berikut ini:

Melihat Peluang dan Ancaman

Hal yang berbeda dari orang biasanya dengan yang mempunyai jiwa pemimpin adalah bisa untuk melihat peluang dengan baik dan juga ancaman yang bisa terjadi. Bisnis tentunya akan bisa mempunyai peluang yang datang, di mana biasanya pemimpin dalam melihat akan hal tersebut dan tidak berkata tidak. Di mana seorang pemimpin tidak akan ragu untuk mengambil peluang yang ada, dan untuk ancaman yang datang dengan peluang tersebut juga akan bisa diatasi dengan baik.

Pemimpin yang efektif akan bisa untuk mempunyai kemampuan untuk bisa melakukan antisipasi dengan lebih baik. Di mana kemampuan yang dipunyai adalah dapat melakukan identifikasi mengenai peluang dan juga ancaman yang datang. Keduanya dapat untuk diantisipasi sehingga bisa memaksimalkan keuntungan dari peluang yang didapatkan, serta resiko kerugian dari ancaman akan bisa ditekan. Hal tersebut bisa didapatkan dengan kemampuan pemimpin yang dapat untuk melakukan antisipasi dengan baik.

Menerima Tantangan yang Datang

Setiap bisnis akan mendapatkan tantangan yang perlu untuk dihadapi. Sehingga penting sekali untuk strategic leadership untuk menjadi pemimpin yang efektif dapat untuk memupuk kemampuan yang dapat untuk menantang status quo. Bisnis mempunyai orientasi yang maju dan berkembang ke depan, sehingga ketika ada hal yang tidak berkembang maka perlu untuk diperbaiki sehingga akan bisa berubah dan mendatangkan keuntungan.

Pemimpin yang strategis dapat untuk melakukan evaluasi yang memberikan perspektif baru dihadapi oleh bisnis, sehingga akan bisa menantang status quo yang terjadi. Perspektif baru tersebut bisa digunakan untuk mengatasi status quo dan stagnasasi yang terjadi di bisnis, sehingga bisa berkembang dengan baik.

Kemampuan untuk Menginterpretasi

Seorang strategic leadership yang efektif juga perlu untuk mempunyai kemampuan yang bisa untuk menginterpretasikan informasi yang diterima. Perspektif yang dipunyai didapatkan dari informasi yang banyak dan lengkap diterima. Sehingga informasi tersebut bisa diolah menjadi data yang matang dan bisa untuk menjadi basis untuk pembuat kebijakan yang perlu diambil.

Seorang pemimpin yang bisa bekerja dengan efektif perlu mempunyai kemampuan untuk dapat memperoleh insight dari informasi yang diterima, sehingga bisa mempunyai perspektif dan bisa digunakan untuk mengambil keputusan dengan tepat.

Menentukan Keputusan

Seorang pemimpin juga mempunyai tugas yang perlu untuk mengambil keputusan untuk dijalankan oleh timnya. Keputusan yang diambil tentunya tidak bisa dilakukan secara sembarangan tetapi harus berdasarkan dari data yang telah dikumpulkan. Pemimpin juga tidak boleh untuk mengambil keputusan yang berdasarkan emosional saja, tetapi harus berdasarkan riset dan data yang jelas. Oleh karena itulah untuk mendukung kemampuan untuk bisa membuat keputusan tersebut, maka perlu untuk mengambil keputusan yang bijak.

Caranya adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu, membuat beberapa keputusan yang bisa diambil, kemudian bisa memilih keputusan yang paling menguntungkan dan menghindari resiko yang bisa terjadi. Keputusan yang dibuat oleh pemimpin akan mempunyai konsekuensi yang perlu untuk diantisipasi.

Kemampuan Untuk Berkomunikasi

Pemimpin yang efektif tentunya perlu mempunyai kemampuan untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Soft skill berkomunikasi bisa sangat membantu untuk bisa menyampaikan ide dengan lebih baik hingga mempengaruhi hasil yang didapatkan. Ketika mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik juga akan membantu untuk bisa membangun kepercayaan.

Pemimpin perlu untuk mengkomunikasikan mengenai ide ke tim dan juga stakeholder, sehingga akan bisa mendapatkan kepercayaan dari keduanya. Hal tersebut akan bisa lebih mudah didapatkan dengan pemimpin yang mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan lebih baik.

Learn

Kemampuan terakhir yang dibutuhkan oleh pemimpin yang efektif adalah dapat untuk belajar dari pengalaman yang dipunyai. Pemimpin yang strategis dapat untuk belajar dari pengalaman sehingga dapat untuk mengambil pengalaman sebagai pembelajaran. Hal tersebut merupakan keuntungan yang didapatkan dengan pemimpin yang mau untuk belajar dari kesalahan yang terjadi dan juga akan sangat bagus untuk tim, karena bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari tim dan juga pemimpin yang mau belajar dari kesalahan dan juga pengalaman yang dipunyai.

Menjadi pemimpin yang efektif tersebut bisa dipupuk dan juga didapatkan dengan mempelajari mengenai kemampuan yang dibutuhkan untuk strategic leadership. Ikuti pelatihan dari Prasmul-ELI yang bisa digunakan untuk membantu mendapatkan pengalaman dan juga pengetahuan agar bisa menjadi pemimpin yang bisa dapat memimpin secara efektif. Anda bisa mengikuti program singkat leadership yang bisa memberikan materi pengajaran lengkap mengenai karakter dan cara membangun untuk menjadi pemimpin yang efektif.

Previous Post
Next Post

post written by:

Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

0 Comments: